SELAMAT DATANG DI BLOG SPECIAL, ANDA PENGUNJUNG KE:

07 Mei 2009

CATATAN KECIL PERJALANANKU 4

Yogya 3 Mei 2009. Kereta api Senja Utama yang berangkat dari Cirebon pukul 23.00 sampai di Yogya pukul 05.30, molor satu jam yang seharusnya masuk stasiun tugu 04.30. Aku sudah merasa kereta bakal telat, soalnya pukul 03.00 dinihari baru masuk Stasiun Purwokerto, jadilah aku sholat subuh di atas tempat duduk. Jadi terinspirasi, alangkah nyamannya kalau kereta api dilengkapi juga dengan musholla, ini penting terutama untuk menunaikan sholat yang tidak bisa dijamak, yakni sholat subuh.

Menjelang kereta masuk Yogya, yakni tepatnya di stasiun Wates, naik banci rombeng yang dengan suara cemprengnya mengganggu orang istirahat. Lama-lama kok ya sebel melihat kelakuannya. Akupun cuek bebek saat dia ngamen sambil meminta recehan. Tak lama kemudian kereta hampir masuk Stasiun Tugu. Karena aku duduk di kursi 9D, dekat jendela, pandanganku ke dalam gerbong tidak begitu bebas. Dari ujung gerbong kelihatan seorang yang relatif masih muda minta-minta. Sekali lagi aku berniat cuek bebek, kecuali kalau yang minta-minta orang tua aku berpikir untuksedikit memberikan rezeki. Sesampainya didekat tempatku duduk baru tahu kalau kakinya buntung sebelah. Cuman gak tahu aku apa bener buntung apa dibuat-buat, soalnya kelakuan pengemis banyak yang demikian. Aku sejenak ragu, eh...mau keluarin dompet gak ya...? Ah gak usah pikirku.

Tepat pukul 05.30 kereta sampai Stasiun Tugu. Akupun bergegas mengambil tas dan langsung meninggalkan tempat duduk. Baru dua-tiga langkah aku melangkah, tiba-tiba ada yang nepuk punggungku, sementara orang yang lain memberitahuku “Pak, dompetnya jatuh dikursi” dan seorang kuli panggul mengasihkan dompet kepadaku. Alhamdulillah ya Alloh, masih ada orang kecil yang berhati mulia, jujur. Kuterima dompetku, dan aku beri kuli tersebut selembar uang. Dompetku sih isinya tidak seberapa, cuman beberapa lembar uang kertas, namun didalamnya ada KTP, SIM A, SIM C, ATM dan beberapa kartu penting lainnya. Barangkali ini teguran dari Alloh kepadaku, terimakasih Ya Rob yang telah menunjukkan kasih sayang-Mu. Berikan pahala yang setimpal pada orang yang telah menemukan dan mengembalikan dompetku. Amin.

Tidak ada komentar: